Selasa, 10 Januari 2012

Menambah Umur menurut Kitab Ta'limul Muta'alim

DATANGNYA REZEKI DAN YANG MENGHAMBATNYA. DAN HAL-HAL YANG DAPAT MENAMBAH DAN MENGURANGI UMUR.
A. PENDAHULUAN
Setiap manusia membutuhkan makanan, maka para santri/ pelajar harus mengetahui hal-hal yang dapat mendatangkan rezeki, juga harus mengetahui apa yang dapat menambah dan mengurangi umur, serta mwenyehatkan badan agar leluasa dalam menuntut ilmu.
Dalam makalah ini, kami akan membahas sedikit tentang hal-hal yang dapat datangnya rezeki dan yang menghambatnya. dan hal-hal yang dapat menambah dan mengurangi umur.
B. PEMBAHASAN
1. hal-hal yang dapat datangnya rezeki dan yang menghambatnya. dan hal-hal yang dapat menambah dan mengurangi umur menurut islam.
Para ‘Ulama’ telah menyusun beberapa kitab yang berkaitan dengan masalah-masalah tersebut. Oleh karena itu di ini kami akan membahas secara ringkas.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لايرد القدر الا الدعاء ولا يزد فى العمر الا البر.
Rasulullah bersabda, “ Tidak dapat menolak takdir kecuali berdo’a, dan tidak dapat menambah usiakeccuali berbuat baik. Maka sesungguhnya orang laki-laki bisa terhalang rezekina karena dosa yang di kerjakan.”
Hadist ini menunjukkan bahwa melakukan dosa itu dapat menyebabkan rexeki, khususnya dosa akibat berdosa. Karena dusta itu dapat menyebabkan kefakiran.
Tidur pagi dapat menebabkan miskin ilmu. Ada orang yang berkata, “ bahagiana orang itu jika mengenakan pakaian, adapun cara mengumpulkan ilmu adalah meninggalkan tidur”.
Penyair berkata, “bukankah termasuk kerugian bila malam-maam di biarkan berlalu tanpa guna, pada hal malam itu di hitung termasuk jatah umur.”
Penyair lain mengatakan, “ bangunlah di waktu malam agar kamu mendapat petunjuk yang benar, betapaa lamanya kamu tidur, sementara itu umurmu semakin habis.”
Termasuk yang dapat menghambat rezeki adalah tidur dengan telanjang, kencing dengan telanjang, makan dalam keadaan junub, tidur di atas lambung membiarkan makanan yang jatuh, membakar kulit bawang merah dan putih, menyapu rumah dengan sapu tangan, menyapu rumah pada malam hari, membiarkan sampah di dalam rumah, berjalan di muka orang tua, memanggil keduaa orang tua dengan namanya, membersihkan makanan yang tersisa di celah-celah gigidengan sembarang kayu, meembersihkan tangan dengan debu, duduk di muka pintu, bersandar pada salah satu daun pintu, wudhu di tempat istirahat, menambal abuju yang sedang di kenakan (di pakai), membersihkan badan dengan baju, membiarkan rumah laba-laba di dalam rumah, menyepelekan solat.
Tergesa-gesa keluar dari masjid setelah solat subuh juga dapat menghambat rezeki, terlalu pagi pergi ke pasar, terlambat pulang dari pasar, membeli roti dari pengemis, mendoakan buruk pada anak, tidak menutupi wadah, memadamkan lampu dengan di tiup, semua itu juga daapaat menyebabkan kefakiran. Begitu menurut hadist para sahabat.
Menulis dengan polpen yang di ikat, meyisir rambut dengan sisir yang retak, tidak mau mendoakan orang tua, mengenakan surban dengan duduk, mengenakan celana dwengan berdiri, kikir, terlalu hemat, terlalu berlebihan, menunda/ meremehkan segala urusan, semua itu juga dapat menyebabkan kefakiran.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : استنـزلوا الرزق بالصدقة
Rasululah SAW bersabda. “memohonlah kalian akan turunya rezeki dengan bersedekah”.
Bangun pagi itu di berkahi, dan bisa menambah nikmat khusunya rezeki. Tulisan ang indah, bemuka ceria, dan berbicara yang baik juga dapat mendatangkan rezeki.
Hasan bin Ali ra. Berkata. “menyapu halaman dan memncuci pakaian bisa mendatangkan rezeki, dan sebab paling kuat untuk mendatangkan rezekisalat dengan khusyuk, dan memenuhi rukun-rukunya salat, syarat-syaratnya, dan adabnya solat dhuha,jugadapat mendatangkan rezeki. Membaca surat waqiah pada waktu malam, membaca surat al-mulk, surat Muzammil, surat wallaili idza yakhsa, surat alam nashrah jugavdapat mempermudah datangnya rezeki. Datang di masjid sebelum adzan, terus menerus dalam keadaan suci, melakukan salat sunah fajar dan witir di rumah juga dapat melapangkan rezeki.”
Setelah mengerjakan salat witir jangan membicarakan masalah dunia, jangan banyak bergaul dengan perempuan kecuali ada hajat,dan jangan membicarakan masalah-masalah yang tidak bermanfaat.
Ada yang berkata bahwa barang siapa yang sibuk mengerjakan sesuatu yang tidak berguna, maka dia kehilangan sesuatu yang berguna baginya.
Imam bazrajamhar berkata, “ jika kamu meelihat orang yang banyak bicara, maka ketahuilah bahwa dia adalaah orang gila.”
Sayyida Ali ra berkata, “ Bila sempurnaa akal seseorang, niscaya ia sedikit bicara.” Penyusun kitab ini berkata perkataan sayydina ali tersebut sesuai dengan kandungan syair ini, “ jika sempurna akal seseorang maka sedikit bicarnya. Dan ketahuilah bahwa orang yang banyak bicara itu hakekaatnya adalaah orang bodoh.” Penyair lain berkata, “ Berbicara itu laksana hiasan, sedangkan diam adalah keselamatan. Oleh karena itu jangan banyak bicara. Berbicaralah seperlunya. Kamu bisa menyesal satu kali karena diam. Tetapi kamu bisa menyesal beberapa kali karena bicara”.
2. hal-hal yang dapat datangnya rezeki dan yang menghambatnya. dan hal-hal yang dapat menambah dan mengurangi umur menurut medis.
Rasulullah saw: Perbanyaklah bersuci niscaya Allah akan menambah usiamu. (Aamalil Mufid: 5/60), Imam Shodiq as: Barang siapa yang baik niatnya maka akan ditambah usianya. ( Al Bihar: 69/408/117) Imam Shodiq as: Barang siapa yang memperbaiki kebaikannya kepada keluarganya maka akan ditambah usianya. ( Aamalit Thusy: 245/425) Imam Shodiq as: Jika kamu manyukai untuk Allah menambah usiamu maka gembirakanlah kedua orang tuamu. ( Az Zuhdu lil bin sa’id: 33/87).
Liputan6.com, Los Angeles: Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap kunyit dan rempah-rempah yang umum terdapat dalam kari India serta hidangan Asia lainnya, dipercaya dapat memperpanjang usia Anda. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kunyit yang memiliki anti-oksidan, selain itu sebuah unsur yang ditemukan dalam kunyit juga dapat menunda kerusakan hati, serta mencegah kanker.
Sebuah uji coba dilakukan terhadap lalat pada buah menemukan bahwa bumbu-bumbu bahan masakan Asia tersebut menyebabkan seragga tersebut hidup 20 persen lebih lama dari biasanya. Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan dalam bumbu tersebut membuat para serangga itu meningkatkan mobilitas.
Mahtab Jafari, pemimpin penelitian dari Universitas California, mengatakan, “Hasil awal dari penelitian laboratorium menunjukkan bahwa kandungan dalam bumbu tersebut memiliki anti-inflamasi, anti kanker dan antioksidan.” Jafari mengatakan karyanya dengan lalat buah dapat langsung relevan dengan bagaimana kunyit mempengaruhi orang, karena lalat dan manusia memiliki gen dan penuaan yang hampir sama, konsumsi rempah-rempah mempengaruhi usia gen pada lalat.
Namun, ia juga mengingatkan bahwa hasil penelitiannya ini tidak bisa langsung diujicoba kepada manusia. Kurkumin merupakan bahan dalam kunyit, bumbu dasar yang berwarna oranye ini merupakan pokok dalam masakan Asia, yang juga digunakan pada masakan Amerika karena rasa pedasnya. Bumbu ini telah digunakan sebagai obat oleh masyarakat selama berabad-abad, dan dikonsumsi di Asia untuk mengobati sakit perut, sakit radang sendi, luka dan memar.(Xinhua/AYB).
C. KESIMPULAN
Sebagai manusia yang hidup di dunia, sebaiknya kita wajib mengetahui hal-hal yang dapat mendatangnya rezeki dan yang menghambatnya. dan hal-hal yang dapat menambah dan mengurangi umur. Agar kita dapat hidup dengan nikmat dan penuh ketentraman.
D. DAFTAR PUSTAKA
1. Abdul Qadir Aljufri, Terjemah Ta’lim Muta’alim,Mutiara Ilmu, Surabaya. 1995.
2. http://www.almusthafa.org/index.php?option=com_content&view=article&id=464:sesuatu-yang-dapat-menambah-usia&catid=47:hadist-a-kata-mutiara&Itemid=99.
3. http://amuttaqin.wordpress.com/2010/10/20/cita-rasa-asia-menambah-usia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar